Flash Vortex

Mini Map

free counters

Kamis, 27 Maret 2014

Cara Memperkuat Sinyal WIFI

Cara Memperkuat Sinyal WIFI. Teknologi wireless fidelity (WIFI) kini banyak dipasang di tempat komersial, seperti mal, restoran, dan kafe, yang diberikan secara gratis. Tujuannya yaitu untuk memberikan layanan lebih kepada pelanggan agar betah berlama-lama di tempat itu, sembari menikmati layanan sekaligus berselancar di dunia maya. 
Dengan keungulan yang dimilikinya, Wifi pun banyak dimanfaatkan orang di rumah tangga. Adanya wifi yang terpasang di rumah, setiap anggota keluarga dapat menggunakannya secara bersama dengan lebih dari satu gadget, baik itu smartphone, laptop, desktop, dan tablet.
Agar Wifi di rumah dapat dimanfaatkan secara maksimal perlu diperhatikan cara pemasangannya. Tujuannya, agar wifi memberikan sinyal kuat dan meminimalkan gangguan dalam jaringan nirkabel.
Menurut sebuah sumber dalam situs wikihow, ada beberapa cara meningkatkan sinyal WIFI. Diantaranya yaitu:

Cara Meningkatkan Sinyal WIFI

1. Meminimalkan Cermin.
Sebab, semua permukaan logam akan memantulkan sinyal wifi, termasuk lapisan logam tipis yang ada hampir di semua cermin. Maka, mengurangi penggunaan cermin dalam ruangan dapat membantu menguatkan sinyal.
2. Tepat Letakkan Router
Pemilihan lokasi untuk menempatkan router wifi akan memengaruhi penerimaan jaringan. Jika router berada di tempat yang tepat, jaringan yang diterima akan maksimal. Beberapa tempat yang disarankan adalah di lantai atas dekat pusat rumah, karena gelombang radio akan berjalan baik dari atas ke bawah dan dari samping. Idealnya router berada di dinding atau rak tinggi. Selain itu, usahakan sejauh mungkin dari wifi tetangga.
Jauhkan pula perangkat wifi dengan kabel listrik, kabel komputer, dan lampu halogen. Kabel tersebut berpotensi mengganggu gelombang radio pada wifi.
3. Hindari Furnitur Besar
Untuk memperlancar jaringan, sebaiknya hindari furnitur besar pada bagian eksterior rumah. Bila memungkinkan, masukkan furnitur tersebut ke dalam rumah atau tidak menggunakan furnitur besar di luar rumah. Dengan begitu penerimaan akan lebih baik.
4. Wireless Signal Repeater
Jika rumah jauh dari titik akses nirkabel, perlu diistal wireless signal repeater. Wireless repeater berfungsi memperluas cakupan tanpa menggunakan kabel rumit.
Tempatkan repeater tersebut di tengah-tengah antara titik akses dan komputer atau gadget yang digunakan. Pengguna dapat pula menggunakan wireless bridge untuk mendapatkan penerimaan yang lebih baik.
5. Sistem Keamanan
Selain itu, Wired Equivalent Privacy (WEP) perlu diubah ke wireless Protected Acces (WPA/ WPA2). WEP ke WPA/WPA2 ini merupakan algoritma keamanan yang menjaga agar hacker tidak menyusup ke dalam jaringan. WEP kurang aman bila dibanding WPA/WPA2. Maka, sebaiknya pilih WPA/WPA2 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan masuk ke dalam jaringan.
Di samping itu, jika tidak ingin orang lain memanfaatkan sinyal wifi dalam rumah, sebaiknya jangan publikasikan nama jaringan. Dengan tidak adanya nama jaringan di daftar pencarian, orang lain tidak dapat menemukan dan memanfaatkan wifi di rumah tersebut.
Karena semakin sedikit penggunanya, semakin lancar koneksi internet yang dilakukan. Begitu pula semakin sedikit perangkat jaringan yang digunakan, semakin kuat pula sinyal yang diterima. Maka, membatasi jumlah perangkat yang dapat mengakses jaringan dinilai lebih baik. Caranya dengan membuat daftar akses perangkat dengan alamat media access control (MAC). Media ini dapat mengidentifikasi perangkat apa saja yang digunakan dalam rumah tersebut.
Demikian ulasan terbaru tentang Cara Memperkuat Sinyal WIFI semoga bermanfaat. untuk tips memilih LCD / LED bisa dilihat di Cara memilih LED LCD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar