Flash Vortex

Mini Map

free counters

Kamis, 27 Maret 2014

Cara Menghemat Baterai Smartphone

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android, iOS, maupun Windows Phone. Banyaknya fungsi pada smartphone sebanding dengan pengurangan energi baterainya. Semakin sering fasilitas ponsel dimanfaatkan, daya tahan baterai akan cepat berkurang. Maka, jika ponsel diharapkan mampu aktif iebih lama, pengguna perlu memahami trik pemakaian. 
Smartphone di era sekarang tak bisa lepas dari namanya layar sentuh, anda bisa baca "Cara merawat gadget layar sentuh". Pengguna smartpnone akan selalu dimanjakan dengan fasilitas multitasking pada ponsel, seperti SMS, telepon, browsing, chatting, foto, mendengarkan musik, dan game. Namun keunggulan tersebut membutuhkan energi baterai yang besar pula.

Itulah mengapa interval pengisian daya baterai smartphone terbilang lebih sering dibanding ponsel biasa. Sebaiknya segera melakukan beberapa cara untuk menghemat baterai selama belum mungkin malakukan pengecasan. Berikut sejumlah alternatif Cara Menghemat Baterai Smartphone yang perlu dilakukan ketika daya baterai kurang dari 50 %.
1. Turn Off Wifi
Varun Chaudhary, dalam situs technobuzzing, menyarankan agar mematikan wifi ketika tidak digunakan. Jangan membiarkan wifi dalam keadaan on karena sistem aplikasi tersebut akan terus mendeteksi keberadaan hotspot bila diaktifkan.
Sebaiknya aktifkan sistem itu saat akan mengunakan jaringan wifi. Bila perlu lakukan pengaturan pada aplikasinya agar wifi secara otomatis mati bila layar dimatikan atau jaringan yang ditangkap kurang bagus.

2. Ubah Sinkronisasi
Jika pengguna memakai aplikasi penyimpanan seperti dropbox, ubah pengaturan sync ke wifi. Karena, jika aplikasi ini melakukan sinkronisasi data melalui mobil data dapat menguras energi baterai. Ada baiknya mematikan fitur tersebut karena tidak dibutuhkan.
3. Atur Kecerahan
Pemakaian energi baterai paling besar dipengaruhi oleh tampilan. Dengan menjaga kecerahan tampilan pada tingkat rendah akan sangat membantu menghemat baterai. Maka, jika ruangan sudah cukup terang, sebaiknya ubah tingkat kecerahan tampilan di level paling rendah. Dengan begitu konsumsi baterai lebih sedikit.
4. Hapus Widget
Ketika menyalakan smartphone biasanya langsung dilihat beberapa widget seperti kalender, am, icon sosial media, maupun icon game di layar. Semakin banyak widget yang digunakan, semakin cepat pula energi baterai berkurang. Apalagi widget sosial media yang terus menampilkan pesan baru yang masuk. Karena itu, pengguna perlu menghapus tampilan widget. Layar yang bersih jauh lebih menghemat baterai.
5. Aplikasi Hemat
Cara yang cukup jitu untuk menghemat baterai yaitu mengaktifkan aplikasi hemat baterai. Untuk mengaktifkannya, cukup masuk menu pengaturan kemudian aktifkan aplikasi hemat baterai atau battery saver. Namun ketika aplikasi itu aktif ponsel tidak lagi otomatis menampilkan email atau pemberitahuan dari sosial media yang masuk.
6. Nonaktifkan touch sound 
Getaran kecil dan suara ketika pengguna menekan tombol pada ponsel juga berpotensi menguras baterai. Untuk menghemat baterai, pengguna perlu menonaktifkan haptic feedback dan touch sound.
7. Jaga Suhu
Menurut Varun, menjaga suhu baterai juga termasuk cara untuk hemat. Sebaiknya pilih tempat yang dingin ketika menggunakan smartphone dalam waktu lama. Operasikan ponsel di tepat ber-AC atau dibawah kipas angin karena baterai dapat berkurang lebih cepat di tempat panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar