Flash Vortex

Mini Map

free counters

Rabu, 21 Maret 2012

Sejarah Mobil Chevrolet


Chevypnglogo.pngChevrolet (pronounced /ˌʃɛvrəˈleɪ/, of Swiss origin) (terkadang disingkat sebagai Chevy: /ˈʃɛvi/) adalah sebuah merek otomotif Amerika Serikat yang merupakan divisi dari General Motors. Didirikan oleh Louis Chevrolet dan pendiri GM William C. Durant pada 8 November 1911. Chevrolet diambil General Motors tahun 1917. Diposisikan oleh Alfred Sloan untuk menjual kendaraan sejenis untuk bersaing langsung melawan Ford Model T buatan Henry Ford. Pada saat ini Chevrolet merupakan merek yang menyumbang penjualan terbesar bagi General Motors.

Sejarah


Amerika Serikat dan Kanada


Chevrolet didirikan oleh Louis Chevrolet, seorang pengemudi mobil balap dan juga anak dari Cooper Chevrolet, William Durant (pendiri GM, tetapi didepak dari Manajemen GM tahun 1910), seorang investor William Little (pendiri Little automobile) dan Dr. Edwin R. Campbell (menantu laki-laki Durant). William mengambil alih Flint Wagon Works, dan Chevrolet Motor Co. membentuk perseroan November 1911. Ia ingin menggunakan nama Chevrolet sebagai pembalap untuk membangun kembali reputasinya. Untuk prototipe kendaraan pertamanya dibuat oleh Etienne Planche. Fasilitas pembuatan Chevrolet pertama kali terdapat di Toronto, Kanada.

Chevrolet pertama kali menggunakan logo “bowtie”nya  pada tahun 1913. Dikatakan bahwa logo itu didesain Durant dari sebuah wallpaper yang dilihatnya di sebuah hotel Perancis.
Tahun 1916 Chevrolet sudah memiliki keuntungan yang cukup sehingga Durant bisa membeli kembali sebagian besar saham GM. Pada 1917 Durant kembali menduduki jabatan presiden GM. Chevrolet pun digabungkan ke dalam General Motors dan menjadi divisi yang terpisah. Tahun 1917, Chevrolet memiliki pabrik di New York City; Tarrytown, N.Y.; Flint, Michigan; Toledo, Ohio; St. Louis, Missouri; Oakland, California; Fort Worth, Texas, dan Oshawa, Ontario.
Tahun 1918, diperkenalkan Model D, sebuah mobil dengan model roadster 4 penumpang dan touring 5 penumpang, dengan mesin V8 dengan tenaga 55hp (41kW) dengan karburator Zenith dan transmisi 3 kecepatan. Mereka juga mulai memproduksi mobil bermesin 6 segaris.
Selama tahun 1920-an hingga 1940-an, Chevrolet terus berkompetisi dengan Ford, apalagi setelah Chrysler membentuk Plymouth tahun 1928, Plymouth, Ford, dan Chevrolet dikenal sebagai "Tiga pembuat mobil murah". Do tahun 1933, Chevrolet meluncurkan Standard Six, yang mereka iklankan di Amerika Serikat sebagai mobil bermesin 6 silinder termurah pada saat itu.

Chevrolet Camaro 2010
Chevrolet berhasil mendapatkan pengaruh yang besar di pasar Amerika Serikat di tahun 1950-an dan 1960-an. Chevrolet meluncurkan sebuah mobil sport 2 pintu yang dinamakan Chevrolet Corvette di tahun 1953. Tahun 1957, Chevrolet membuat mesin bensin dengan injeksi untuk pertama kalinya.
Tahun 1960 Chevrolet meluncurkan Corvair, satu-satunya mobil Amerika bermesin belakang dengan pendingin udara hingga saat ini. Tahun 1963, merek Chevrolet menguasai 10% pasar mobil Amerika Serikat.

Operasi internasional

Top 10 Penjualan Chevrolet
2011
Urutan ke-LokasiTotal
penjualan
Pangsa
pasar (%)
1 Amerika Serikat1.775.81236.9%
2 Brasil632.20113.3%
3 Republik Rakyat Cina595.06812.5%
4 Rusia173.4853.6%
5 Meksiko162.4613.4%
6 Kanada150.5403.2%
7 Argentina133.4912.8%
8 Uzbekistan121.5842.6%
9 India111.0562.3%
10 Kolombia105.7832.2%
Sampai tahun 2010, Chevrolet telah beroperasi di lebih dari 140 negara di seluruh dunia, dan penjualan tahun 2011 mencetak rekor dengan total 4,76 juta unit.

Meksiko

Mobil-mobil Chevrolet di Meksiko merupakan gabungan dari beberapa merek General Motorsyang dilabeli Chevrolet. Misalnya, mobil yang diambil dari merek Opel diantaranya Vectra, Astra, Corsa, Meriva dan Captiva. Untuk mobil yang diambil dari Chevrolet A.S misalnya Avalanche, Suburban, Equinox, Tahoe, Cheyenne (mirip Silverado dengan sedikit perubahan), Aveo, HHR, Traverse, Malibu dan Corvette. Chevrolet Optra, yang diproduksi di Korea oleh GM Daewoo, juga dijual di Meksiko.

Cina

Pada tahun 2009, Cina berkembang menjadi pasar terbesar ketiga Chevrolet, dengan penjualan sebesar 332.774 unit, di bawah Amerika Serikat (1.344.629 unit) dan Brasil (595.500 unit).

India


Chevrolet merupakan salah satu pemain baru di pasar otomotif India. Di negara ini, Chevrolet dioperasikan oleh GM India (yang juga bekerja sama dengan Hindustan Motors). Chevrolet memproduksi Corsa dan Astra di pabrik di Halol, Gujarat.

Selain itu, Chevrolet saat ini menjual Chevrolet CruzeChevrolet SparkChevrolet OptraChevrolet AveoChevrolet TaveraChevrolet CaptivaChevrolet SRVChevrolet BeatChevrolet Beat Diesel danChevrolet Aveo U-VAChevrolet Forester, mobil yang diambil dari Subaru, diimpor dari Jepang dari Fuji Heavy Industries sampai tahun 2005. Optra dan Tavera diproduksi di pabrik Halol.

Chevrolet juga merupakan pemasok mesin untuk seri single seater di Formula Rolon di India.

Jepang

Di pertengahan tahun 2000-an, Suzuki mengimpor dan menjual Chevrolet TrailBlazer dan Chevrolet Optra di Japan. Suzuki, partner dari GM, juga merakit Chevrolet MW microvan. Chevrolet MW sebenarnya hanya merupakan penamaan ulang dari Suzuki Wagon R+ dan nantinya disebut Suzuki Solio. Suzuki juga pernah menjual Chevrolet Cruze di masa lalu. General Motors Asia Pacific (Jepang) sekarang ini menjual TrailBlazer, Camaro, dan Corvette dalam jumlah terbatas. Pada tahun 2010, Mitsui memasarkan Chevrolet TahoeChevrolet ExpressChevrolet HHRSilverado, danTraverse. Maka, saat ini ada 3 saluran penjualan berbeda untuk mobil-mobil Chevrolet yang ada di Jepang.

Malaysia

Pada tahun 2003, sebuah joint-ventura antara GM dan DRB-Hicom, disebut Hicomobil, mulai menjual Chevrolet AveoChevrolet Optra, Chevrolet Nabira dan Chevrolet Lumina. Joint ventura ini sudah selesai pada tahun 2009.

Arti Logo


Chevrolet logo, tahun 1943
Logo "Bow Tie" Chevrolet yang berbentuk dasi kupu-kupu ditemukan secara tidak sengaja oleh William Durant ketika mengamati pola wallpaper disebuah hotel di Paris tahun 1908. Meskipun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa logo tersebut merupakan stilasi tanda silang bendera Swiss, tempat dimana Louis-Joseph Chevrolet lahir. Pada tanggal 2 Oktober 1913, logo ini pertama kali muncul di iklan Chevrolet di The Washington Post dengan headline: "Look for this nameplate".
Dalam perkembangannya, logo ini mengalami beberapa kali evolusi, dalam warna & detail dengan tetap mempertahankan bentuk dasarnya. barulah pada tahun 2004, logo ini menggunakan warna kuning emas yang menyiratkan "Gold Standard", sampai sekarang.

Slogan

Slogan Chevrolet saat ini adalah “May The Best Car Win”.

Kendaraan masa depan, truk, dan pengembangan


Chevrolet Volt
Divisi Chevrolet saat ini sedang bangkit dari resesi ekonomi tahun 2007-2010. Setelah penjualan GM terus anjlok dan ketika pemerintah Amerika Serikat memberikan suntikan dana pada perusahaan ini, GM mulai mengembangkan mobil-mobil dan truk yang lebih efisien bahan bakar, agar bisa semakin bersaing dengan pabrikan asing macam Toyota and Honda. Sejak saat itu, penjualan Chevrolet kembali sehat. Angka penjualan mulai naik setelah merek ini meluncurkan Cruze, Volt, serta Equinox dan Malibu. Di akhir 2010, GM mulai memproduksi dalam jumlah kecil kendaraan elektrik plug-in Volt. Pada tahun 2012, Volt akan diproduksi kira-kira 60.000 unit. Di Auto China tahun 2010 GM menunjukkan mobil konsep Volt MPV5, sebuah MPV yag basisnya diambil dari Volt sedan, tapi sampai saat ini GM belum memberikan kepastian apakah mobil ini jadi diproduksi atau tidak. Chevrolet juga telah meluncurkan Aveo baru yang dinamakan Sonic di North American Auto Show 2011 di Detroit. Chevrolet juga berencana untuk meluncurkan Chevrolet Malibu terbaru generasi kedelapan.
Mobil baru untuk tahun 2011–2013:
  • Spark
  • Sonic
  • Cruze (dalam produksi)
  • Malibu (generasi 8)
  • Jajaran model


    Sekarang ini



    Amerika Serikat dan Kanada


    SedanSonicAveoCruzeMalibuImpalaCamaroCorvette
    CrossoverEquinoxTraverse
    SUVTahoeSuburban
    TrukColoradoSilveradoAvalanche
    VanExpress
    PHEV/elektrikVolt

    Amerika Latin

    Sedan/mobil sportSparkCelta/Prisma
    Corsa B/Chevy C2
    Corsa C
    AveoCruzeOptraAstra B
    Astra C/Vectra
    Vectra CEpica
    TrukMontana/TornadoS-10D-MaxSilveradoAvalanche
    CrossoverHHRCaptivaCaptiva SportTraverse
    MPVMerivaTacuma/RezzoZafira
    VanTrans Sport

    Eropa

    Tersedianya kendaraan Chevrolet tergantung dari wilayah. Kawasan Eropa Timur biasanya lebih banyak mobil-mobil eks-Daewoo yang dijual dengan nama Chevrolet.
    Sedan/sportMatizSparkAveoLacettiNexiaCruzeEpicaCorvette
    CrossoverCaptivaNiva
    MPVOrlando
    VanDamas

    Timur Tengah

    Sedan/sportSparkAveoOptraEpicaLuminaCapriceMalibuCorvetteBeatCamaroCavalier
    TrukColoradoAvalancheSilveradoScottsdaleCustom DeluxeCheyenne
    CrossoverTraverseCaptiva
    SUVTrailblazerTahoeSuburbanBlazerBlazerTracker
    Van/MinivanUplanderExpressVentureLumina APVAstroVan

    Chevrolet di Indonesia

    Chevrolet di Indonesia menjual beberapa model diantaranya Captiva, sebuah SUV 7 penumpang ; Cruze, sebuah mid-sized sedan ; Kalos; Estate,station wagon; Spark, city car ; Aveo,hatchback; danOptra Magnum. Ada juga Chevrolet Lova, sebuah Kalos yang dijadikan taksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar